PUSKESMAS KEC. KENDIT Melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD Negeri 3 Tambak Ukir

Pemberian imunisasi pada anak usia sekolah dasar atau disebut BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) adalah pemberian imunisasi lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit campak, rubella, difteri, tetanus dan kanker serviks. Sasaran pelaksanaan BIAS adalah anak kelas 1 , 2, 5 dan 6.

Imunisasi difteri dan tetanus pada anak-anak umumnya disuntikkan dalam bentuk vaksin gabungan yang sering disebut sebagai DT (Difteri-Tetanus) atau DTaP (Difteri-Tetanus-Pertusis). Jadwal pemberian vaksin ini dapat bervariasi berdasarkan pedoman imunisasi di wilayah. Pemberian dosis penyegaran juga mungkin diperlukan untuk memastikan perlindungan yang berkelanjutan.

Sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada peserta didik  terhadap penyakit campak rubella, difteri dan tetanus. Maka di laksanakan sosialisasi BIAS di seluruh SD wilayah kerja. 

Imunisasi adalah suatu upaya meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit dengan pemberian vaksin.

Imunisasi dan vaksin adalah 2 hal yg berbeda, Perbedaannya imunisasi merupakan pemberian vaksin berupa suntikan ataupun di tetes) sedangkan vaksin merupakan jenisnya yg dimasukkan dalam tubuh seperti vaksin campak, tetanus, folio, covid .

Adapun sasaran untuk pemberian imunisasi adalah kelas 1,2, dan 5. Khusus kelas 1 pemberian imunisasi campak dan DT (Difteri Tetanus), sedangkan kelas 2 dan 5 pemberian imunisasi TD (Tetanus Difteri).

 Kami berharap kepada orang tua siswa memberi dukungan kepada anak-anak ketika imunisasi dilakukan agar pelaksanakan BIAS berjalan lancar dan sukses.