Penyemprotan Nyamuk Oleh UPTD PUSKESMAS KENDIT dan KORAMIL KENDIT

SDN 3 Tambak Ukir mengadakan kegiatan penyemprotan nyamuk sebagai bagian dari upaya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan siswa, guru, dan staf sekolah. Penyemprotan nyamuk dilakukan secara berkala sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran penyakit yang dapat ditularkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah atau demam chikungunya.

Kegiatan penyemprotan nyamuk di SDN 3 Tambak Ukir dilakukan dengan bantuan tenaga profesional yang terlatih dalam pengendalian vektor. Tim penyemprotan menggunakan peralatan yang sesuai dan bahan kimia yang disetujui untuk membunuh nyamuk dewasa serta menghancurkan tempat perkembangbiakan nyamuk, seperti genangan air yang menjadi sarang nyamuk.

Sebelum dilakukan penyemprotan, pihak sekolah menginformasikan kepada siswa, guru, dan orang tua tentang jadwal dan tujuan kegiatan ini. Informasi tersebut disampaikan melalui surat pemberitahuan atau pengumuman di dalam sekolah. Hal ini bertujuan untuk memastikan pemahaman dan keterlibatan semua pihak dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.

Ketika penyemprotan nyamuk dilakukan, ruang-ruang kelas dan area-area umum di sekolah seperti aula, perpustakaan, dan ruang makan, akan disemprot dengan cermat oleh tim penyemprotan. Para siswa dan staf sekolah diminta untuk meninggalkan ruangan selama proses penyemprotan untuk menjaga keselamatan mereka.

Setelah penyemprotan selesai, ruangan dibiarkan terbuka untuk ventilasi dan agar bahan kimia yang digunakan dapat menguap dengan baik. Selain itu, pihak sekolah juga melakukan pembersihan dan penghapusan sisa-sisa nyamuk yang mati untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Penyemprotan nyamuk di SDN 3 Tambak Ukir merupakan langkah proaktif dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit yang dapat ditularkan oleh nyamuk. Dengan melakukan kegiatan ini secara berkala, diharapkan lingkungan sekolah menjadi lebih aman dan nyaman bagi siswa, guru, dan staf sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk edukasi siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan dan peran mereka dalam mencegah penyebaran penyakit.