SIMULASI ANBK, Begini cara mengerjakannya?

SIMULASI ANBK dapak dilakukan mulai dari September sampai November
sebelum melaksanakan ANBK yang sesungguhnya , siswa dapat melakukan simulasi ANBK 2022 untuk berlatih sekaligus mempersiapkan diri.

Menurut KEMDIDBUT, simulasi ANBK 2022 sudah dijadwalkan mulai september hingga november mendatang. lau simulasi untuk jenjang SMA/SMK/MA/Sederajat dijadwalkan pada minggu pertama dibulan september. untuk jenjang SMP/MTS/Sederajat dilakukan pada akhir bulan september. Sementara, untuk jenjang SD/MI/Sederajat dijadwalkan pada akhir oktober hingga awal november 2022. untuk mengetahui lebih lanjut cara mengerjakan soal simulasi ANBK 2022, yuk simak lebih dahulu temtang ANBK.

Sementara, SNBK memiliki kepanjangan Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang merupakan program penilaian mutu sekolah madrasah, dan program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah. Asesmen naasional dilakukan dengan tiga Instrumen yaitu Asesmen kompetensi minimum (AKM literasi, Numerasi), Survey karakter, dan Survey lingkungan belajar.

pemerintahpun sudah secara resmi menjadikan ANBK sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan proses penilaian ANBK tidak sembarangan. namun, kelulusan tidak ditentukan dari nilai ujian ANBK.

CARA MENGERJAKAN SOAL SIMULASI ANBK 2022

1. Buka situs https://pusmenjar.kemendikbud.go.od

2. Kemudian klik menu 'ayo coba akm' yang berwarna hijau dipojok kanak atas.

3. Pilih materi antara literasi atau numerasi dan pilih jenjang pendidikan yang sesuai seperti SD, SMP, SMA.

4.Jika sudah, klik OK lanjutkan

5. Kemudian, siswa akan diarahkan kejendela baru bertuliskan selamat datang yang terdapat opsi 'login'

6. Klik 'login'

7. Konfirmasi data peserta dengan mengisi nama peserta, tanggal lahir, dan token yang sesuai. siswa dapat mengetahui token pada kiri atas.

8. Jendela 'konfirmasi tes' akan muncul dan siswa dapat mengerjakannya dalam waktu 60 menit.

9. Klik 'mulai' dan simulasi sudah bisa dilakukan